file__20151127232559

Pergelaran Lomba Budaya Mutu Sekolah Kemendikbud 2015 SD Al Firdaus Raih Lima Besar dari 129 Sekolah Peserta

SD Al Firdaus Surakarta menjadi lima besar atau meraih Juara Harapan II dalam Lomba Budaya Mutu Sekolah yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2015. Dalam final lomba yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 2 – 7 November 2015, SD Al Firdaus berhasil unggul dari 129 sekolah peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti lomba bergengsi di tingkat nasional tersebut.

Kepala SD Al Firdaus, Darmawan Budianto, mengatakan SD Al Firdaus unggul dalam empat aspek budaya mutu sekolah yaitu aspek pembelajaran, ekstra kurikuler, manajemen berbasis sekolah, dan perpustakaan. Dia menjelaskan, SD Al Firdaus ditunjuk menjadi satu diantara dua sekolah yang maju ke seleksi di tingkat provinsi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta sejak enam bulan lalu.

“Alhamdulillah kami berhasil melampaui berbagai seleksi di tingkat provinsi setelah ditunjuk oleh Disdikpora Surakarta untuk mewakili Kota Surakarta. Seleksi tersebut mencakup desk evaluation test dengan pembuatan portofolio sekolah dalam berbagai aspek budaya mutu sekolah,” jelas Darmawan. Setelah mengikuti seleksi evaluasi portofolio, SD Al Firdaus mendapatkan visitasi dari Kemendikbud dan perwakilan akademisi dari perguruan tinggi untuk penentuan pemenang di tingkat provinsi.

Darmawan menjelaskan, dari hasil visitasi tersebut, SD Al Firdaus berhasil menjadi satu dari lima perwakilan Jawa Tengah di lomba tingkat nasional tersebut dengan mengangkat keunggulan dari aspek pembelajaran, ekstra kurikuler, manajemen berbasis sekolah, dan perpustakaan. “Dalam tahap final di Kota Padang, kami mempresentasikan tentang portofolio sekolah dan diwawancara tentang pengelolaan sekolah kami. Selain itu, kami mengikuti pameran produk hasil karya pendidikan,” kata dia. Penilaian juri mencakup kepemimpinan sekolah, iklim budaya yang aman dan kondusif, apakah sekolah memiliki nilai harapan yang tinggi, apakah sekolah melakukan monitoring kemajuan siswa secara berkelanjutan, dan visi misi sekolah.

“Kami tidak menyangka dapat menjadi lima besar dalam lomba di tingkat nasional ini karena kami baru pertama kali mengikuti lomba ini. Kami berharap dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi di tahun depan jika dapat berkesempatan mengikuti lomba Kemendikbud ini,” kata Darmawan.

Prestasi di tingkat nasional ini menambah berbagai prestasi yang diraih SD Al Firdaus. Sebelumnya, sekolah yang didirikan sejak 1999 ini meraih prestasi seperti Best Practice (Sekolah Percontohan) Sekolah Inklusi oleh Direktorat Pendidikan Khusus Layanan Khusus Kemendikbud dan Pusat Sumber Pendidikan Inklusif oleh Dinas Dikpora Kota Surakarta, serta baru-baru ini menjadi juara kedua lomba Sekolah Sehat se-Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *